Museum Airlangga & Goa Selomangleng

Bosen dengan wisata alam maupun tempat wisata buatan, Kota Kediri juga punya wisata sejarah low, yakni Museum Airlangga. Museum yang berada dikomplek wisata Gunung Klotok ini memang gak terlalu besar, namun koleksinya cukup banyak low.. mulai dari batu-batuan, alat-alay kerajaan, sampai kendaraan zaman kerajaan Kediri/ Doho ratusan tahun silam. Tiketnya murah banget cuma seribu rupiah, so kita sudah bisa melihat-melihat museum sepuasnya. Di depan museum bercokol sebuah patung yang sangat terkenal yaitu patung Airlangga yang menaiki garuda yang tentunya merupakan patung asli yang selama ini dijadikan ikon Universitas Airlangga di Surabaya dan tentunya menjadi nama Museum itu sendiri, :-)

Disebelah musemum ada sebuah pura yang biasanya ramai dikunjungi umat hindu pada hari hari besar tertentu. Tak jauh dari museum airlangga juga terdapat Goa Selomangleng yang juga merupakan situs peninggalan kerajaan Kediri. KOnon dulu di Goa tersebut dijadikan tempat semedinya Dewi Kilisuci dan beberapa orang besar di masa kerajaan Kediri. KEbenarannya aku uga gak tahu ;-).

Goanya memang gak terlalu besar, bahkan tergolong sangat kecil, terdapat dua pintu masuk yang didalamnya memang sangat gelap tanpa penerangan. Mungkin Goa tersebut memang dikeramatkan oleh pengelolanya, jadi jangan coba-coba masukĀ  ke dalam Goa terlalu jauh, bisa-bisa gak bisa keluar nanti. heheehe

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s