Gunung Klotok

Mungkin bisa jadi Kediri adalah satu-satunya kotamadya yang mempunyai gunung di Indonesia, namun gunungnya

kediri

gunung klotok

juga gak begitu tinggi, namanya Gunung Klotok. Berada di kecamatan Mojoroto dipinggir kota namun gak jauh dari pusat kota. Hanya butuh 10 menit perjalanan saja untuk kesana. Tempatnya mudah dijangkau dan tidah sulit menemukannya. Gunung  Klotok merupakan komplek tempat wisata unggulan di kota Kediri. Disana terdapat berbagai macam tempat dan sarana yang bisa dikunjungi. Mulai dari kolam renang dan wahana bermain keluarga yang sampai saat ini masih finishing pembangunannya, ada Goa Selomangleng yang merupakan situs sejarah kerajaan Kediri, ada Museum Airlangga yang didalamnya terdapat berbagai macam koleksi patung-patung peninggalan kerajaan Kediri, ada petilasan Mbah Boncolono yang berada di atas bukit Maskumambang yang bisa ditelusuri dengan tangga untuk menuju puncaknyan  dan masih banyak lagi.

Disana juga ada jalan yang melewati Gunung Klotok dan sering kali dimanfaatkan warga untuk arena joging track saat hari minggu. Namanya jalan tumpang. Disana terdapat warung-warung dipinggirnya ,yang kepengin sekedar ngopi dengan kawan-kawan sambil menikmati pemandangan kota kediri pasti nikmat makan minum disana. Di jalan yang berkelok dan agak menanjak tersebut kita bisa menikmati pemandangan kota luas dari atas sana, apalagi kalo malam pasti lebih gemerlap dengan lampu kota. Pokoknya gak rugi deh lewat atau sekedar mampir disana, walau tempatnya gak begitu dingin seperti layaknya pegunungan namun cukup teduh dan pemandangannya asri, tak heran kalo disana juga jadi tempat favorit orang pacaran. hehehe

Gunung  Klotok merupakan tempat favorit warga Kediri untuk bersepeda juga, kalo hari biasa kita bisa kesana tanpa bayar retribusi tapi kalo hari besar dan libur di atas jam 8 pasti dikenakan tiket masuk yang sebenarnya gak begitu mahal kok, ;-) Di kaki Gunung  Klotok juga terdapat suatu pangkalan militer ,jadi gak usah khawatir soal keamanan disana,terjamin deh. Jika ingin merasakan sensasi mendaki anak tangga yang panjang bisa mencoba ke makamnya Mbah Boncolono di Bukit Maskumambang yang bersebelahan dengan Gunung  Klotok ,tapi jangan kuatir rasa capek dan letih pasti terbayar dengan panorama kota Kediri yang menakjubkan dari atas sana, saentero kota Kediri dapat kita liat dari atas bukit ini.taman klotok

Karena topologi yang gak begitu curam dan gak begitu tinggi, tak heran Gunung  Klotok juga dijadikan tempat favorit orang yang pengen mendaki tentunya bagi pemula. Kalo jenuh banyak pikiran, pengen ke tempat wisata alam yang deket dengan pusat kota, maka Gunung  Klotok adalah solusi terbaiknya. Yang belum pernah kesana, sempetin deh mampir… gak rugi deh! :-)

About these ads

6 thoughts on “Gunung Klotok

  1. soto tamanan, jembatan lawas, are pertokoan suasana perkampungan yang hangat ahh,… semua penuh kenangan meski kini ku jauh…kau tetap senantiasa dihati…aku senang sekali lahir dan besar disana…kangennn banget

  2. saya da pernah ke gunung klotok kbtulan mbah sy dr kediri tepatnya ds mrican sy udah lm bgt ga ksana cos mbah da ga ada

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s